Jumat, 22 November 2013

TUGAS 6

FRANCHISING HARD ROCK CAFE

















  • Latar belakang
Tidak dapat di pungkiri bahwa pada masa Globalisasi saat ini banyak orang yang harus berfikir lebih kreatif lagi untuk mendapat keuntungan dalam usaha dan menjadikan usaha tersebut sukses, tapi bagaimana caranya ? Salah satu jenis usaha yang sedang marak di lakukan adalah Frenchise. Usaha Franchise tersebut akan menjadi trend bisnis yang terus berkembang.

Menurut Ketua Asosiasi Franchise Indonesia, Aneng Sukandar (Jakarta), baru-baru ini usaha Franchise di Indonesia memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi. Sekitar 65% pembeli lisensi Franchise berhasil mengembalikan usahanya dan tidak sekedar balik modal. Sampai tahun 2009 tercatat 1010 usaha Franchise dengan 260 Franchise asing dan 750 Franchise lokal di Indonesia.
Salah satu Franchise yang terkenal di Indonesia yang berasal dari luar negeri adalah HARD ROCK CAFE, saat ini kafe ini sangat populer di Indonesia, dengan keterangan di atas, maka kami berniat untuk menulis makalah mengenai bisnis Franchise dan akan kami uraikan melalui pembahasan makalah ini yang kami ambil dari berbagai referensi.
 
  • Tujuan 
Visi
Dengan di paparkannya makalah tentang Franchise, setidaknya bisa memberikan gambaran tentang apa itu franchise ? bagi yang belum familiar dengan kata tersebut. Serta dengan di buatnya makalah ini semoga bisa menambah wawasan berbisnis anda, Franchise merupakan bisnis yang menjanjikan untuk anda yang baru berniat untuk melakukan dunia bisnis.

Misi 

1.       Isi makalah bisa menjadi salah satu ide kreatif anda untuk melakukan bisnis
2.       Dengan melihat makalah ini, anda bisa melihat contoh Franchise yang sukses
3.      Franchise yang akan kami bahas akan menjadikan motivasi untuk anda menuju  sukses dalam berbisnis
  •  Pembahasan
Sejarah Hard Rock Cafe

Hard Rock Cafe (HRC) pertama kali dibuka pada tanggal 14 Juni 1971 di London, Inggris oleh dua orang pemuda Amerika Serikat bernama Peter Morton dan Isaac Tigrett. Pada awalnya, Hard Rock memiliki dekorasi ekletik namun kemudian mulai menampilkan dekorasi memorabilia. Hard Rock merupakan salah satu tempat ditampilkannya koleksi memorabilia rock and roll terbesar di dunia. Pada 1982, Hard Rock mulai memperluas jaringannya ke berbagai kota di dunia seperti Toronto, Los Angeles, San Francisco, Chicago, Paris dan Berlin.
HRC dikenal sebagai kafe musik yang menampilkan berbagai koleksi memorabilia rock and roll. Kafe-kafe HRC biasanya menerima sumbangan-sumbangan memorabilia musik, namun juga membeli sejumlah item dalam acara lelang di seluruh dunia, termasuk gitar bertandatangan, kostum dari tur terkenal musisi-musisi dunia dan foto-foto langka. Barang-barang ini dapat ditemukan dipajang di dinding-dinding kafe. Pengoleksian dimulai pada tahun 1979; item pertama yang dikoleksi adalah gitar Fender Lead II milik Eric Clapton yang saat ini bisa dijumpai di kafe pertama di London. Hingga saat ini, Hard Rock telah mengumpulkan lebih dari 70.000 item.
Pada 1995, Hard Rock memperluas jaringannya dengan mengembangkan jaringan hotel, dimulai dengan didirikannya Hard Rock Hotel pertama di Las Vegas Strip, Las Vegas, Nevada, dan pada tahun-tahun selanjutnya juga merambah ke jaringan kasino dan taman hiburan.

Kegiatan

Selama lebih dari 33 tahun, Hard Rock Cafe telah hadir di seluruh dunia dan menjadi salah satu icon penting musik rock. Dengan total 122 Cafe di 41 negara, Hard Rock Cafe telah menjadi salah satu merk global yang paling terkenal di dunia.
Hadir di Jakarta pada tahun 1992, Hard Rock Cafe juga menjadi salah satu icon penting di dunia musik Indonesia dan menjadi restaurant yang mampu bertahan hingga 13 tahun dengan menu andalan yang sama sejak tahun 1992. Sebut saja BBQ Beef Ribs, HRC Cheese Nachos & Hot Fudge Brownies, semuanya tetap menjadi favorit menu para tamu.
Berbagai artis Internasional sudah tampil disini, mulai dari BB King, Jon Bon Jovi, Joan Jett, Def Leppard, Hottie & Blowfish, KC & The Sunshine Band, dan sederet nama yang tidak bisa disebut satu persatu.
Selain menjadi tempat favorit untuk acara-acara personal, Hard Rock Cafe Jakarta Kerap di jadikan tempat untuk acara-acara corporate seperti Press Conference, Press Gathering,Company gathering dan tentunya sangat sering launching product.

Proses

Proses pemesanan hampir sama dengan semua kafe yang ada di Indonesia, berikut adalah cara pemesanan :
  1. kita hanya perlu datang ke HARD ROCK CAFE
  2. ketika sudah berada di cafe, kita bebas memilih tempat duduk yang di inginkan
  3. setelah mendapat posisi tempat duduk yang nyaman, kita di sambut oleh pelayan cafe untuk pemesanan menu
  4. setelah memilih menu, kita akan menunggu sebentar untuk menu tersebut di sajikan 
Di cafe ini memiliki penggemar khusus, cafe ini menjadi tujuan tempat hang out yang asik untuk anak muda karena memiliki suasana anak muda sekali.

Keuangan

Setiap hari, manajer operasi di seluruh dunia menghasilkan produk-produk untuk kesejahteraan masyarakat. Produk-produk ini muncul dalam berbagai bentuk, mulai dari mesin cuci buatan Whirpool, film produksi Dreamworks, wahana permainan di Disney world, ataupun makanan di Hard Rock Café. Perusahaan-perusahaan ini memproduksi ribuan produk setiap hari – untuk diantarkan saat pelanggan memesannya, ketika mereka menginginkannya, dan dimanapun mereka menginginkannya. Hard Rock melakukan hal itu untuk lebih dari 35 juta pengunjung kafenya di seluruh dunia setiap tahun. Hal ini merupakan tugas menantang yang menjadikan peran manajer operasi sangat dibutuhkan, baik di Whirpool, Dreamworks, Disney, maupun Hard Rock. 

Manajer operasi pada Hard Rock Café di Universal Studios di Orlando menyediakan lebih dari 3.500 produk khusus (berupa makanan) setiap hari. Makanan ini harus diracik dan dicoba, kemudian dilakukan analisis biaya bahan baku, pekerja yang dibutuhkan, dan tingkat kepuasan pelanggan. Setelah disetujui, sebuah menu dimasukkan ke bagian produksi – hanya jika bahan bakunya  tersedia dari pemasok yang terpilih. Proses produksi – mulai dari penerimaan, penyimpanan di mesin pendingin hingga ke pemanggangan, pembakaran atau penggorengan, dan puluhan tahapan lainnya dirancang dan dipersiapkan untuk menghasilkan makanan berkualitas terbaik.

Hasil

Dengan banyaknya menu yang disediakan dan juga kustomisasinya, Hard Rock Café merasa wajib untuk memiliki system operasional yang dinamis dan dapat diandalkan. Hal ini diperlukan untuk mempertahankan kualitas dan memenuhi ekspektasi pelanggan terhadap mereka.  Manajemen persediaan, supply chain management, manajemen proses, selalu mereka kembangkan sehingga dapat selalu memenuhi keadaan seperti yang diinginkan diatas.  Hard Rock Café selalu menetapkan standar yang tinggi agar pengalaman pelanggan dapat berdampak maksimal bagi bisnis mereka.

  • Kesimpulan
Dengan kualitas yang baik dan pengelolaan yang baik kafe ini sedikit demi sedikit bisa mencapai Franchise sukses yang bisa memotivasi franchise di Indonesia.

  • Referensi 

m.wikipedia.org/wiki/Hard_Rock_Cafe
reniashellyana.wordpress.om/2012/11/22/franchising-asing/
http://www.kabarukm.com/belajar-bisnis-dari-hard-rock-caf%C3%A9.html
http://www.kabarukm.com/belajar-bisnis-dari-hard-rock-caf%C

  • Nama Kelompok
- Misfah ( 25213511 )
- parwanti ( 26213833 )
- Siti Khaerunnisa ( 28213557 )

  • Dampak positif dan negatif franchising tersebut bagi perekonomian di Indonesia
Keuntungan franchise antara lain :
  1. Learning Curve yang singkat sehingga anda tidak perlu mengalami jatuh bangun atau kegagalan yang sudah dialami oleh pemberi bisnis franchise
  2. Mengunakan jaringan nama yang sudah terkenal, sehingga memudahkan anda dalam memasarkan produk yang anda pasarkan tanpa memperkenalkan lagi
  3. Mendapatkan bantuan memulai usaha,  memulai usaha tentu banyak kendala dibandingkan melanjutkan bisnis yang sudah berjalan  dan sebagai pembeli franchise kita sangat mengharapkan bantuan saat memulai dari si pemberi bisnis franchise yang telah kita beli
  4. Jaminan supplai dan dukungan usaha lain, dengan membeli franchise berarti Anda mengharapkan dukungan dari franchisor anda, untuk produk anda akan selalu dijamin kontinyu dalam suplainya disamping dukungan dalam pemasaran, dukungan dalam training karyawan dsb
  5. Kekuatan dalam kegiatan promosi yang efisien, kelebihan dalam bisnis bersama adalah efisiensi dalam promosi secara nasional
Bisnis franchise tidak hanya memberikan keuntungan tetapi ada pula sisi yang merugikan dalam berbisnis franchise antara lain :
  1. Bisnis franchise mungkin usaha yang dimiliki sendiri tetapi segala hal kebijakan masih diatur oleh si franchisor mungkin saja kita memiliki banyak ide untuk memajukan usaha tetapi tidak semudah itu dalam menerapkan kebijakan yang telah dibuat oleh si franchisor
  2. Untuk memiliki sistem yang baku ,perlu adanya proses yang lebih birokrasi sebagai contoh jika anda ingin menambah barang dagangan kita tidak boleh semaunya  tentunya kita perlu ijin kepada si franchisornyaapakah kita diberikan ijin untuk bisa kita menambah barang dagangan atau tidak.
  •  Keuntungan usaha Franchising tersebut :
  1. Usaha franchising asing di Indonesia pasti memberikan wawasan kepada pengusaha di Indonesia mengenai business model yang berwacana global. Edukasi yang sangat baik bagi wawasan bisnis lokal kita.
  2. Franchise asing yang sistem bisnisnya sudah lebih siap, akan memberikan tingkat kesuksesan yang lebih tinggi dan dampaknya akan memberikan perputaran penjualan (tentunya ekonomi) yang lebih baik buat perputaran ekonomi di Indonesia.
  3. Dampak terhadap penyerapan tenaga kerja juga akan jauh lebih maju.
  4. Dampak pembelajaran terhadap teknis industri juga sangat baik untuk diteruskan pada kegiatan alih teknologi.
  5. Dampak terhadap perdagangan kepada para suplier lokal akan lebih memberikan gairah lagi, yang nantinya membuat para suplier menjadi suplier berkelas global internasional. Bayangkan reputasi suplier lokal yang mempunyai track record sukses bekerjasama dengan merek internasional.
  6. Maraknya franchise asing atau usaha multinational di Indonesia memberikan kesan bahwa negara Indonesia merupakan bagian dari negara maju. Hal ini akan meninggalkan kesan bahwa Indonesia adalah negara terkebelakang. Dan semakin banyak merek asing di Indonesia (ingat!: bahwa pemilik bisnisnya disini bukan orang asing, tetapi tetap orang lokal), akan memberikan kepercayaan bagi para investor asing untuk menanamkan modal di Indonesia. Dampaknya adalah kemajuan ekonomi Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar