1. Apa yang di maksud dengan Pemasaran ?
Jawab :
Menurut (Philip Kotler, 2001) :
Pemasaran adalah sebagai proses sosial dan manajerial
dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan
inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk serta nilai dengan
pihak lain.
Pada tahun 2004 AMA menulis definisi terbaru mengenai
pemasaran: “Pemasaran adalah fungsi organisasi dan serangkaian proses
penciptaan, mengkomunikasikan, dan menyampaikan nilai bagi para
pelanggan, serta mengelola relasi pelanggan sedemikina rupa sehingga
memberikan manfaat bagi organisasi dan para stakeholdernya.” (Pelanggan, karyawan, perusahaan lain, persaingan, dan masyarakat secara umum.
2. Mengapa Pemasaran sering di sebut juga sebagai Permintaan ?
Jawab :
Karena umumnya orang beranggapan bahwa manajemen pemasaran berkaitan dengan
upaya pencarian pelanggan dalam jumlah besar untuk menjual produk yang
telah dihasilkan perusahaan. Tetapi pandangan ini terlalu sempit, karena
biasanya suatu organisasi (perusahaan) akan menghadapi kondisi
permintaan produk yang tingkatannya berbeda-beda. Pada suatu saat
mungkin tidak ada permintaan terhadap produknya, mungkin permintaannya
cukup, permintaannya tidak teratur, atau terlalu banyak permintaan,
sehingga manajemen pemasaran harus mencari jalan untuk mengatasi keadaan
permintaan yang berubah-ubah ini. Jadi, manajemen pemasaran tidak saja
berkaitan dengan upaya mencari dan meningkatkan permintaan, tetapi juga
mengelola permintaan pada saat tertentu.
3. Jelaskan apa beda kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran ?
Jawab :
- Kebutuhan manusia adalah keadaan merasa kekurangan atau merupakan tuntutan dasar manusia.
- Contoh : Manusia membutuhkan makanan, minuman, pakaian, dan tempat tinggal.
- Keinginan
adalah bentuk kebutuhan manusia yang dibentuk oleh budaya dan
keprebadian individu, atau bila diarahkan ke objek tertentu yang mungkin
dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
- Contoh : Membeli motor, mobil, dan barang mewah lainnya untuk memenuhi keinginan, meskipun bukan tuntutan dasar manusia.
http://fantastic-note.blogspot.com/2012/02/apa-yang-dimaksud-dengan-pemasaran.html
http://xerma.blogspot.com/2013/08/pengertian-manajemen-pemasaran.html
http://dqandeska.blogspot.com/2009/07/ekonomi-pengertian-beserta-contoh.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar